Minggu, 02 Oktober 2011

…….BEKERJA…………..




Bekerja ?

Jawabannya beragam, ada yang memaknai bahwa manusia harus bekerja demi kebutuhan dan tuntutan hidup, bahwa dengan bekerja sudah pasti penghasilan akan di dapat, ada yang bilang bekerja untuk cari makan, dan ada juga bahwa bekerja adalah ibadah.

Dari jawaban yang beragam tersebut tidak ada yang salah apa yang mereka ucapkan, akan tetapi dalam memaknai kata bekerja  sebagian besar manusia masih banyak memaknai arti kata bekerja dengan salah pengertian tanpa mendalami apa sesungguhnya bekerja itu…..

BEKERJA   =          MELAYANI         =           MENGHASILKAN

Sesungguhnya inti dari bekerja adalah harus melayani apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan tersebut, dalam melayani kita harus bisa menerima bukan hanya yang baik akan tetapi dengan segala kekurangan, kritik, omelan , caci maki, dan lain sebagainya demi kepuasan orang lain atau pelanggan ( customer satisfaction ) dan setelah itu penghasilan yang akan diterima setelah kepuasan pelanggan dilayani.

Seperti contoh sehari-hari yang terjadi.

“ John saya pesan mie ayam jangan pakai sambal, sausnya sedikit dan pakai daun bawang. Tolong antar ke lantai 3.

5 menit kemudian .

Tibalah mie ayam saya dengan pesanan yang berbeda, pakai sambal,sausnya banyak terus tanpa daun bawang. “ complain yang saya lontarkan. “ saya ingin sesuai pesanan.

Akhirnya datang lagi yang saya harapkan walaupun sedikit lama sekitar 10 menit karena banyak pesanan dan cukup sesak juga nafasnya karena harus turun naik dari lantai 1 ke lantai 3, langsung saya bayar tanpa menyantapnya dahulu. Karena saya berfikir bahwa yang saya pesan sudah sesuai dengan selera.





Bila kita amati hanya untuk seporsi mie ayam dengan harga 5 Ribu Rupiah, John tukang mie ayam harus rela berjuang menaiki anak tangga dari lantai 1 sampai dengan lantai 3 ditambah dengan complain yang dia terima demi kepuasan pelanggan yang akhirnya berbuah manis karena dia telah menerima uang untuk harga mie ayam tersebut.



Lantas bagaimana dengan keseharian kita.

Apakah kita sudah melayani dan memuaskan pelanggan baik  internal ( lingkup perusahaan ) atau eksternal .



Mulailah benahi perubahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar